Wednesday, January 19, 2011

Tumis wortel caisim

It’s cooking time again! Semakin sering memasak harus semakin kreatif dan yang pasti semakin selektif dan hemat ketika berbelanja. Ya, sebenarnya akan lebih hemat jika berbelanja di pasar tradisional tapi berhubung saya bekerja dari jam 8.00-17.00 dan tidka punya kulkas, jadi pilihan saya hanya berbelanja di Superindo (yang dekat dari kosan, dan murah).

Saya masuk ke Superindo tanpa ada ide mau memasak apa, yang ada dipikiran saya saat itu hanya sayuran. Akhirnya saya melihat ke tempat sayuran dan pilihan saya jatuh pada caisim seharga 4650. Sayuran hijau tanpa ada pendamping sayuran dengan warna lain pasti tidak cantik, jadi saya pilih wortel. Karena saya hanya mengambil wortel 1 buah, saya hanya membayar 400 rupiah saja (bangga).

Sayur sudah, masih ada persediaan telur puyuh di kosan. Jadi saya melihat bagian daging, dan terpilihlah daging ayam dada tanpa kulit sebagai pilihan. Alasannya yang pasti murah, hanya 4300 rupiah. Dan saya membeli bumbu racik ayam goreng seharga 1350 rupiah. Sebagai hadiah untuk keberhasilan berbelanja hemat, saya menghadiahi diri saya sendiri 1 buah Teh Kotak seharga 2450 rupiah. Total saya belanja hanya 12800 rupiah

Baiklah, cukup cerita soal belanja hemat. Saatnya memasak, berhubung saya anak kosan dan kemampuan memasak terbatas jadi yang bisa dilakukan hanya sebatas menumis dan merebus.

Bahan :

1. Satu ikat caisim

2. Satu buah wortel

3. 10 butir telur puyuh

Cara memasak :

1. Cuci caisim, lalu potong sekitar 3 cm

2. Cuci wortel, lalu potong serong

3. Panaskan wajan, masukkan mentega (lebih praktis disimpan dibanding minyak goreng) lalu tumis wortel sampai layu. Bubuhkan sedikit bawah putih bubuk dan merica.

4. Masukkan caisim, garam dan gula secukupnya. Lalu tumis sampai semuanya sampai layu. Berikan sedikit air.

5. Campurkan 10 butir telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas. Aduk sampai semuanya tercampur.

Selamat menikmati Tumis Wortel Caisim

No comments: